Marketiing Mix 4P pada perusahaan KFC

website KFC yang mempunyai marketing mix 4P

Pemasaran atau Marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Pada perusahaan KFC terdapat marketing mix 4P’s, 4P ini adalah product, price, place dan Promotion. Perusahaan KFC telah didirikan dan di beri nama Kentucky Fried Chicken. KFC juga dikenal dengan restauran cepat saji yang berbasis di Louisville Kentucky. KFC merupakan merek dan segmen operasi yang disebut sebagai “konsep of yum!” Bermerek sejak tahun 1997 ketika perusahaan turunan dari PepsiCo. Yang terutama dijual dari KFC adalah ayam yang dijual per potong, perbungkus salad dan sandwich. KFC juga menawarkan produk ayam panggang , lauk pauk dan pencuci mulut.
Marketing mix itu secara umum diterima sebagai penggunaan dan spesifikasi dari 4P’s yang menerangkan posisi strategi pada tempat penjualan.
-          Produk (product)
-          Harga (price)
-          Tempat (place)
-          Promosi (promotion)
1. Product

Produk adalah baik nyata atau layanan tidak berwujud yang diproduksi massal atau diproduksi dalam skala besar dengan volume spesifik unit. Produk tidak berwujud adalah layanan berbasis seperti industri pariwisata & industri hotel atau kode berbasis produk seperti ponsel beban dan kredit. Kemasan juga perlu dipertimbangkan. Setiap produk tunduk pada siklus hidup, termasuk fase pertumbuhan diikuti dengan periode yang akhirnya penurunan sebagai produk pendekatan kejenuhan pasar. Untuk mempertahankan daya saing di pasar, diferensiasi produk diperlukan dan merupakan salah satu strategi untuk membedakan produk dari para pesaingnya.
 Produk yang dijelaskan pada perusahaan KFC merupakan sesuatu yang bisa ditawarkan pada pasar untuk kepuasan yang diinginkan atau dibutuhkan. Keutaman pada perusahaan ini  adalah produk penjualan ayam goreng yang ditawarkan dalam berbagai bentuk. Produk utama KFC adalah bagaimana cara penggorengan yang digoreng sesuai dengan resep asli. Dan menawarkan extra crispy yang menggunakan bumbu bawang putih serta melumuri bumbu pada ayam sebelum di goreng pada standar mesin industry dapur KFC.
  Graphic segment KFC mmpunyai outlet penjualan internasional dan menjual produk sesuai kebutuhan tempat. Di india KFC focus secara geografis bagaimana customer meminta produk yang berbeda dari KFC tersebut. Di india utara ayam KFC merupakan produk utama yang dijual , sementara di selatan yang di utamakan adalah sayuran dengan banyak item yang dijual. Dalam segmentasi demografis, pasar dibagi menjadi kelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras, dan kebangsaan. KFC membagi pasar berdasarkan demografi dengan cara:
-          usia antara 6-65
-          gender laki-laki dan perempuan
-          ukuran keluarga adalah 1-2, 3-4, 5 +
-          pendapatan Rp 10.000 n diatas
-          gaya hidup keluarga hampir semua.

Segmentasi psikografis; membagi pasar ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau karakteristik kepribadian disebut segmentasi psikografis. KFC membagi pasar berdasarkan variabel psychographic seperti kelas sosial-atas dan kelas menengah gaya hidup yang tidak spesifik kepribadian ambisius dan otoriter pasar. Proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih dua atau lebih segmen sebagai gerai KFC berada di daerah mewah dan harga terlalu tinggi (overhead biaya-sewa, AC, karyawan), sehingga KFC target kelas atas dan tengah. Target pasar tergantung ukuran dan tingkat pertumbuhan liat populasi, sumber daya perusahaan dan daya tarik struktural segmen pasar.
 Psisi pasar KFC menggunakan atribut untuk positioning produk (ayam goreng) benteng produk untuk menempati tempat yang jelas, khas dan diinginkan relatif terhadap produk bersaing dalam benak target konsumen "di kfc umpan balik diambil dari pelanggan untuk mengetahui permintaan pelanggan dan kemudian perbaikan yang dibuat dalam produk”. KFC berfokus pada makanan yang murni dan segar dalam rangka menciptakan posisi yang berbeda dan jelas dalam pikiran pelanggan kfc memiliki nama merek yang kuat dan mereka memimpin pasar dalam ayam goreng.

2. Price
Harga adalah jumlah uang yang setiap pelanggan harus membayar saat membeli produk. lebih luas, harga adalah jumlah dari semua nilai-nilai yang konsumen pertukaran untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa. Faktor demografis:
·         usia; pada umumnya tidak ada batas usia fokus oleh kfc. Target dan fokus pada setiap individu dalam suatu society. KFC menemukan demografis terbesar di setiap masyarakat muda.
·         gender: baik laki-laki dan perempuan yang difokuskan oleh kfc, jenis kelamin tidak memainkan peran apa pun di sini.
·    Ukuran rumah tangga, ini memainkan peran penting dalam faktor demografi kfc. Umumnya mereka menargetkan seluruh keluarga bukan orang tunggal. Ini menjadi alasan untuk makan keluarga mereka yang pada dasarnya item dibundel disajikan di tingkat nominal yang lebih murah.
Faktor-faktor ekonomi pendapatan
Pendapatan merupakan faktor kunci penting bagi KFC. Faktor ini yang memutuskan kelas yang akan ditargetkan. Dalam kebangkitan awal kfc mereka fokus pada kelas atas namun perlahan-lahan memperkenalkan makanan ekonomi yang menarik lebih rendah untuk kelas menengah. Perilaku konsumsi itu memperkirakan kebiasaan orang, keinginan mereka dan tidak menyukai terhadap harga produk. Lokasi geografis preferensi seperti perkotaan, semi perkotaan. Segmentasi perilaku sadar akan rasa, sadar kualitas, kelas, kombinasi produk dan kualitas. Strategi harga perusahaan ini pada pasar menggelapkan, KFC memasuki pasar global dengan menggunakan peluncuran pasar. Produk mereka adalah harga menengah tinggi dan target kepada orang-orang kelas atas. Secara bertahap mereka menetes ke bawah harga berfokus pada menengah ke bawah orang-orang kelas untuk menembus kedua sisi pasar.
Kompetisi perusahaan ini kita dapat membandingkan harga produk KFC dengan McDonald, domino dan pizza hut, jika peserta menyediakan produk yang sama pada harga yang lebih rendah maka organisasi biasanya menurunkan harga produk juga. Dalam kasus jika kfc, ayam goring merupakan titik penjualan utama dan kontrol monopoli atas pasar makanan indian cepat hanya (dengan ayam goreng, harga burger nya, fench kentang goreng dan minuman ringan) dengan hubungan dengan pesaingnya. Berbasis biaya, kfc harga produk mereka menjaga poin yang berbeda dalam tampilan. Mereka mengadopsi strategi biaya dasar harga. Harga produk termasuk pemerintah tersebut. Pajak dan bea cukai dan kemudian datang final tahap menentukan harga produk mereka. Produk yang agak tinggi harga sesuai segmen pasar dan juga sebanding dengan standar produk mereka. Dalam metode berbasis biaya kami meliputi biaya variabel dan tetap.
 
3.  Place
Menargetkan wilayah, gratis rumah pengiriman, strategi-mereka menyediakan pengiriman gratis rumah ke kantor dan rumah (pilih kota) aksesibilitas mengakibatkan beberapa outlet untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di dan sekitar kota. Karena gaya hidup sibuk dengan lifestle sibuk individu kantor perginya konsep makanan cepat saji menghemat waktu mempersiapkan makanan dan memberikan pelanggan sebuah makan penuh dengan cepat, ekonomis nyaman dibanding harga ke banyak kelas masyarakat.
Target pasar;
1.      a. lokasi : 
  • Sibuk gaya hidup individu memberi mereka lebih banyak waktu di tempat kerja dan stres kurang tentang menunggu makanan
  • komersialisasi pasar perkotaan dan sub-perkotaan menyebabkan lebih pertengahan sektor orang-orang yang menemukan akhir makan he sendi sangat untuk mahal. 
  • pertengahan-secotr orang selalu mencari perubahan yang kfc menyediakan dalam jangkauan mereka makanan cepat saji. 
  • quallity sadar-orang di daerah perkotaan lebih sadar tentang kualitas makanan dari daerah pedesaan. 
  • daerah perkotaan yang lebih banyak penduduknya sehingga mereka membantu dengan menarik pendapatan yang lebih tinggi.
b. penempatan outlet
·      Karena kfc menempatkan dirinya dekat dengan sekolah, perguruan tinggi, bioskop dan pasar yang sebagian besar dihuni oleh kaum muda dan mereka whoo sedang terburu-buru, kfc menikmati sejumlah besar langkah kaki sehari-hari. di samping itu, mereka juga memiliki outlet dekat dengan non-vegetarian (daerah-daerah berpenduduk sebagian besar muslim). 
  • strategi; mengingat sifat kompetitif dari sendi makanan cepat saji, KFC menggunakan strategi mendorong untuk membantu mereka menciptakan, kesadaran, berbeda, menarik suara.
  • saluran; belivies kfc di saluran tingkat pertama dalam urutan yang diberikan di bawah ini; produsen, pengecer, konsumen. 
  • saluran proses; kfc bekerja pada aliran teknik operasi yang baik yaitu manajer operasi yang baik-menyebabkan pendapatan tim yang baik-baik pilihan layanan-baik target-baik melalui strategi internal berikut: pelatihan, target berbasis insentif, pengakuan untuk pekerjaan yang baik, kinerja berbasis bonus, manfaat karyawan untuk menjaga mereka termotivasi.
 4. Promotion
Promosi adalah metode yang digunakan untuk menginformasikan dan mendidik khalayak target yang dipilih tentang organisasi dan produk-produknya. menggunakan semua sumber daya promosi, iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, peristiwa dan pengalaman, kupon, diskon dan paket dibundel, organisasi menemukan sebagian besar makna dan kelangsungan hidup melalui promosi. Di KFC, promosi adalah alat utama untuk membawa semua perhatian pecinta ayam lezat menuju satu pada ayam goreng produk semacam itu. iklan; logo dari kolonel tersenyum mungkin salah satu wajah paling dikenal di dunia dan langsung membawa gambar ayam goreng ke pikiran seseorang. KFC dan jingle perusahaan baru, "jari licinkan baik" adalah pengumuman yang sering di televisi, billboard, brosur dan radio. konsep menunjukkan pelanggan secara normal sangat terlibat dalam melahap sepotong ayam nya biasanya berubah pada pabrik air liur di mulut setiap orang dan membuat mereka terburu-buru ke kfc terdekat. di india pecinta wherechicken banyak iklan-iklan yang menampilkan berlimpah orang normal terhubung langsung dan membuat terburu-buru di outlet mereka. menggunakan metode berikut kfc speards pesannya menjilati jari ayam yang baik.
iklan; menggunakan iklan pengingat kfc merangsang pembelian ulang produk-produknya. jari lagu linkin perusahaan yang baik hanya membangunkan up call untuk konsumen untuk mengingatkan mereka bagaimana baik mereka merasa yang terakhir mereka makan kfc ayam.
sponsor adalah alat lain untuk memperkuat citra organisasi. KFC saat ini sponsor tim kriket Australia dan logo kolonel dapat dilihat pada seragam mereka sepanjang pertandingan.
promosi penjualan; kfc menggunakan alat-alat berikut ini untuk lebih meningkatkan penjualan, premi, pameran, kupon, hiburan.
Promosi penjualan; semua outlet kfc menawarkan pelanggan dengan berbagai bentuk insentif untuk membeli ayam nya. menggunakan kupon yang satu dapat memperoleh setelah menghabiskan jumlah tertentu selama periode waktu yang tetap, pelanggan dapat menikmati manfaat dari makanan gratis atau free add-ons. tambahan mereka menyediakan mealvouchers dan menawarkan menarik dalam iklan cetak mereka, yang pelanggan harus memotong dan membawa.
referensi: